Published On: Sat, Nov 24th, 2012

Akhirnya, Monumen Patung Jenderal Ahmad Yani Diresmikan

Nama Ahmad Yani mungkin sangat familiar dan sering kita dengar sebagai Pahlawan. Di Semarang sendiri, nama ini identik dengan lapangan terbang yang ada di daerah Kalibanteng.

Hari jumat (23/11), patung Jenderal Ahmad Yani setinggi 4 meter, resmi berdiri di halaman Pangkalan Udara Utama (Lanumad) Ahmad Yani Semarang. Patung tersebut sedang berpose mengacungkan telunjuknya ke selatan.

Seperti dikutip dari detik.com, Patung tersebut terbuat dari perunggu seberat 1,3 ton. Berdirinya patung Ahmad Yani atas inisiatif Skadron-31/Serbu Pusat Penerbangan Angkatan Darat (Puspenerbad) di Semarang, Jawa Tengah.

Komandan Lanud Penerbad Kol Cpn Catur Pudji Santoso menambahkan, berdirinya patung Ahmad Yani didasari oleh sejarah panjang kepahlawanan dan nama dari lapangan terbang yang sebelumnya bernama lapangan terbang Kalibanteng itu.

“Bandara Ahmad Yani adalah bandara internasional tapi belum ada ikon. Kami selaku penerus Jenderal TNI Anumerta Ahmad Yani ingin mengenang jasa beliau,” tandasnya.

Sementara itu, seniman pemahat patung, Yoga Budi Wantoro mengaku tidak menemukan kesulitan saat membuat patung Ahmad Yani. Patung tersebut dibuat dalam waktu tiga bulan di Muntilan, Magelang.

“Referensi dari potret Ahmad Yani dan browsing internet. Dalam pembuatannya saya dibantu lima asisten,” ujar Yoga.

Bandara Ahmad Yani terletak di barat Kota Semarang, berjarak kurang lebih 6 km dari pusat kota. Bandara itu menyatu dengan Markas Penerbad, hanya dipisahkan pagar kawat.

Original Posting : Patung Jenderal Ahmad Yani di Semarang Setinggi 4 Meter Diresmikan
Sumber : http://news.detik.com
Foto : detik

Informasi dan Kerjasama
Hubungi kami : dotsemarang@gmail.com

About the Author

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Jateng Fair 2014

Follow Us

Viewer