Published On: Tue, Mar 20th, 2012

Wisata Candi Gedung Songo

Gedung songo merupakan salah satu wisata yang terletak di lereng Gunung Ungaran, Dusun Darum, Desa Candi, Kecamatan Ambarawa, Kabupaten Semarang. Gedung songo ini merupakan sebuah candi yang jumlahnya ada 9 candi, terletak di ketinggian 1.200 m di atas permukaan laut sehingga suhu udara disini cukup dingin. Dengan harga tiket Rp 7000 per orang untuk memasuki ke kawasan candi gedung songo ini. Jarak Gedung Songo sendiri ditempuh dari Semarang sekitar 45 km.

Warung-warung kecil yang berada di dalam area ini terlihat sejajar. Nampak beberapa orang sedang menyantap minuman hangat disana. Untuk menuju ke Candi Gedong I, jarak yang harus ditempuh sekitar 200 meter melalui jalan setapak yang naik.

Candi ini diketemukan oleh Raffles pada tahun 1804 dan merupakan peninggalan budaya Hindu dari zaman Wangsa Syailendra abad ke-9 (tahun 927 masehi). Setidaknya, ada petugas yang berjaga disana, duduk tenang memakai topi sambil mengarahkan pengunjung menjadi alternatif untuk mengulik bagaimana sejarah dari gedung songo ini sendiri. Jadi, jangan ragu bertanya dengan petugas disana.

Jika ingin unik dan yang seru-seru, disana juga menyediakan paket wisata dengan kuda. Tarifnya sendiri mulai dari 20 ribu hingga 70 ribu. Jadi, jika malas jalan atau lelah, paket wisata kuda menjadi alternatif untuk dicoba.

Diantara Candi Gedong III dengan Gedong IV terdapat sebuah kepunden gunung sebagai sumber air panas dengan kandungan belerang cukup tinggi. Asap yang tebal dan bau yang cukup menyengat udah tercium dari kejauhan. Ternyata itu adalah belerang.

Untuk menuju ke lokasi asap belerang aksesnya cukup curam dan harus berhati-hati jika melewatinya karena belum ada pegangan yang membatasi pada jalan yang berbentuk anak tangga menuju ke lokasi asap belerang tersebut. Sampai lokasi tersebut terdapat sebuah pemandian air panas.

Pemandangan dari puncak gunung Ungaran ini sangat indah. Dari puncak gunung Ungaran kita dapat melihat gunung Sumbing, gunung Sundoro di sebelah barat daya. Sedangkan di sebelah tenggara, bisa dilihat gunung Telomoyo, gunung Merbabu, dan gunung Merapi. Meski samar-samar oleh awan putih yang mengaburkan pandangan.

Terimakasih

** Di Candi gedung songo hanya ada 7 candi. Yang bangunanannya masih berdiri hanya 5 dan sisanya udah hancur atau roboh. Tahun 1804, Raffles mencatat kompleks tersebut dengan nama Gedong Pitoe karena hanya ditemukan tujuh kelompok bangunan.

Baca Juga : – Candi Gedung Songo
Foto : dotsemarang

About the Author

-

Leave a comment

XHTML: You can use these html tags: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>

Agenda

Follow Us

Quote

"Dalam hidup ada pertanyaan penting. Apa yang kamu lakukan untuk orang lain " Martin Luther King Jr, Tokoh spiritual

Viewer